Gejala Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring adalah sejenis tumor ganas yang tumbuh di bagian nasofaring atau bagian atas tenggorokan. Indonesia, negara-negara Asia lainnya serta negara-negara di Afrika merupakan wilayah-wilayah dengan tingkat mordibitas kanker nasofaring yang tinggi. Ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, dr. Peng Xiaochi menuturkan, jika kanker nasofaring stadium awal diobati sejak dini, pasien dapat sepenuhnya sembuh, dengan harapan hidup 10 tahun ke depan mencapai 80%, dan tentunya efektifitas pengobatan pada stadium awal lebih efektif dibandingkan dengan stadium lanjut. Tetapi, letak kanker nasofaring yang tersembunyi serta gejalanya yang tidak nyata sangat mudah terabaikan, sehingga sebagian besar pasien sudah memasuki stadium lanjut saat terdiagnosa. Dan pengobatan pada stadium lanjut cenderung lebih rumit. Apa saja gejala kanker nasofaring?

Kanker nasofaring, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Gejala kanker nasofaring yang paling sering ditemui

1. pendarahan pada hidung (epistaksis): epistaksis adalah salah satu gejala awal kanker nasofaring, lebih banyak pendarahan hidung unilateral atau cairan berdarah, air mata yang disertai darah, sering kali pasien mengira itu merupakan sinusistis.

2. Hidung tersumbat: hidung tersumbat adalah gejala awal kanker nasofaring lainnya, obstruksi hidung sebagian besar unilateral. Ketika tumor kecil, ringan hidung tersumbat, ketika tumor tumbuh, dapat terjadi penyumbatan hidung yang lebih parah.

3. Tinnitus, gangguan pendengaran: tinnitus, telinga terasa tertutup juga merupakan salah satu gejala awal kanker nasofaring. Gejala ini disebabkan oleh karena penyumbatan mulut nasofaring baru biologi tabung estachius ipsilateral. Hilangnya pendengaran juga mungkin kerusakan lebih lanjut nasofaring akibat kerusakan saraf pendengaran anda. Tinnitus dan gangguan pendengaran seringkali disalahartikan sebagai otitis media, atau penyakit lain, sehingga pengobatan tertunda.

4. Sakit kepala: saat diagnosa karsinoma nasofaring, sekitar 70% dari pasien berawal dari gejala sakit kepala. Gejala sakit kepala yang di sebabkan karsinoma nasofaring biasanya adalah sakit kepala migrain, sakit kepala sebelah tidaklah tetap hanya sebentar-sebentar, gejala ini bisa menjadi gejala yang pertama atau satu-satunya gejala dari penyakit ini. sebagian besar sakit kepala nasofaring jaringan kanker yang menyerang dasar otak, saraf dan pembuluh darah.

5. Massa di leher: metastasis massa pada kanker nasofaring tidak terlalu banyak, namun meningkat dengan cepat, tidak ada rasa nyeri, pergerakan yang tidak terlalu jelas.

6. Gejala saraf kranial: mati rasa pada wajah, diplopia, penglihatan kabur, kelopak mata ptosis, menderita strabismus, akan muncul di hypoesthesia tenggorokan, kelumpuhan tekak, kesulitan menelan, suara serak, lidah cenderung miring dan gejala lainnya.


Ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menuturkan, kanker nasofaring merupakan jenis kanker yang paling diobati. Jika dapat terdeksi dan diobati sejak dini, harapan hidup 10 tahun ke depan pasien sangatlah tinggi. Jadi, jika anda menemukan gejala-gejala di atas, segeralah melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.



Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59