Delapan Cara Merawat Paru-paru untuk “Meringankan Bebannya”

Paru-paru adalah organ tubuh manusia yang paling "rapuh",karena organ inilah yangpalingpertama diserang oleh banyak penyakit menular. Namun tidak perlu terlalu khawatir,denganmelakukan delapan hal berikut ini setiap hari dapat "meringankan beban" paru-paru dan melindungi kesehatan.

Flu segera diobati

Banyak orang menderita pneumoniayang awalnya disebabkan olehflu yang tidaksegera diobati, atau pengobatan yang tidaktuntas dan kurang istirahat. Oleh karena itu, harus beristirahat dengan baik setelahterkena flu,serta mencari perawatan medis ketika mengalami batuk parah dan demam tinggi.

Menjaga suhu dan kelembapan ruangan

Menjaga suhu ruangan pada suhu 24°C, dan kelembapan pada 50%-60%. Pada saat terjadi polusi udara yang parah,kurangi membuka jendela.

Perbanyak olahraga yang membentuk otot dada

Perhatikan latihan sistem pernapasan, Anda dapat menggunakan metode pernapasan perut;Regangkankedualengan Anda, rentangkan dada Andaselebarmungkin, lalu gunakan perut Anda untuk menggerakkan pernapasan. Hal inidapat meningkatkan kapasitas paru-paru, yang sangat bermanfaat bagi pemulihan pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik dan emfisema.

Terapi pijat

Pijat sayap hidung dengan ibu jari untuk membantu membersihkan rongga hidung;Setiap pagi dan sore hari,pilih tempat dengan udara segardan tarik napas dalam-dalam untuk menghilangkan dahak yang menumpuk;Lakukan latihan meniup balon untuk menjaga elastisitas sel paru-paru dan bronkus, dan mencegah atau mengurangi emfisema.

Makanan yang tidak berlemak

Kurangi makan makanan yang merangsang, terutama saat infeksisaluranpernafasan, hindari makan cabai dan jintan. Ketikabanyakdahak, sebaiknya hindari makanan dengan kandunganlemak yang tinggi, danperbanyak makanan yangdapat melembapkan paru-paru, seperti pir,bunga bakung, dan lobak.

Vaksinasi

Lansia di atas 60 tahundisarankan menerimavaksin pneumonia, dengan tingkat perlindungan efektif lebih dari 85%, dan masa perlindungan 5 tahun. Selain itu, pasien dengan fungsi kekebalan rendah, diabetes, penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya juga harus divaksinasi influenza setahun sekali.

Berhenti merokok

Merokok merusakkesehatanparu-paru karena dapat menghancurkan silia epitelpada saluranpernapasan. Silia adalah "pemulung"disaluran pernapasan, begitu dihancurkan, efek perlindungannya akan jauh lebih buruk.

Tertawa dapat melancarkan pernapasan

Di antara banyak metodeperawatan paru-paru, "tertawa" mungkin yang paling "murah" dan efektif.Padasistem pernafasan,saattertawaparu-parumelebar, ketika orang tertawa secara tidak sadar akan menarik napas dalam-dalam, membersihkansaluran pernapasan, memperbesar kapasitas paru-paru, dan memperbaiki fungsi paru-paru.

Ahli onkologi dari ModernCancerHospital Guangzhou mengemukakan bahwa kesehatan fungsi paru-paru erat kaitannya dengan kualitas hidup. Denganmelakukanperawatan paru-paru dalam kehidupan sehari-hari, kesehatan akan selalu menyertai Anda.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA