Minimal Invasif Menyelamatkan Pasien Kanker Paru Stadium Akhir
+  -

Chen Ming, usia 54 tahun, asal Thailand.

Kanker Paru, Pengobatan Kanker Paru, Minimal Invasif, Intervensi, Brachytherapy, Microwave Ablation dengan Panduan Bronkoskopi, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Microwave Ablasi

Pada Juni 2018, Chen Ming memiliki gejala batuk, pada saat itu ia mengira itu hanya masalah kecil, dokter memberinya obat untuk mengobati batuknya, ia pun tidak menaruh perhatian khusus. Hingga pada bulan Desember, kondisi batuknya tidak kunjung membaik, ia telah empat kali menemui dokter, semuanya hanya memberinya obat-obatan, tidak melakukan pemeriksaan apa pun.

Kanker Paru Stadium IV, ke Luar Negeri untuk Mencari Pengobatan yang Lebih Baik

Hingga bulan Januari 2019, batuk Chen Ming semakin lama semakin parah, bahkan berdampak pada keseharian dan pekerjaannya. Dokter menyarankannya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan X-Ray ditemukan adanya lesi yang menempati paru, penyempitan bronkus pada lobus kanan atas, dicurigai tumor paru. Segera dilakukan bronkoskopi dan biopsi di rumah sakit setempat, pada akhirnya terdiagnosis kanker paru stadium IV. Dokter hanya memberikannya obat bertarget, tidak memberikannya pengobatan apa pun. Pada saat itu, Chen Ming tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap kanker stadium IV, tetapi ia mengetahui kondisi dirinya sudah sangat parah, obat bertarget tidak dapat menyelamatkan hidupnya.

Kanker Paru, Pengobatan Kanker Paru, Minimal Invasif, Intervensi, Brachytherapy, Microwave Ablation dengan Panduan Bronkoskopi, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

proses Microwave Ablation

Istri Chen Ming tetap mencari metode pengobatan yang lebih baik dan menemukan St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou dari internet. Mengikuti panduan dari internet, Chen Ming dan istri datang ke kantor perwakilan rumah sakit yang berada di Bangkok. Konsultasi dengan dokter di kantor perwakilan membangkitkan kembali keyakinan mereka akan pengobatan, dan pada akhirnya memutuskan pergi berobat ke China.

Pengobatan Minimal Invasif Internasional, Membangkitkan Harapan Hidup

Chen Ming menjelaskan, sebelum datang ke rumah sakit, ia terus mengkhawatirkan kondisi penyakitnya, khawatir rumah sakit tidak dapat mengobatinya karena kondisinya terlalu parah, batuk jangka panjang membuatnya lelah secara fisik dan mental, ia sangat menyesal pada saat itu tidak segera berobat.

Kanker Paru, Pengobatan Kanker Paru, Minimal Invasif, Intervensi, Brachytherapy, Microwave Ablation dengan Panduan Bronkoskopi, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

(Kiri) sebelum dan sesudah pengobatan (kanan)

Pada 24 Februari, Chen Ming dengan didampingi istrinya datang ke St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou. Setelah tiba di rumah sakit, tim medis MDT menentukan rancangan pengobatan komprehensif sesuai kondisi Chen Ming, yaitu Intervensi dan Brachytherapy, selain itu dilakukan Microwave Ablation dengan panduan bronkoskopi untuk mematikan tumor di trakea, membersihkan trakea.

Setelah melewati 6 rangkaian Intervensi dan 2 kali Brachytherapy, pemeriksaan CT scan saat ini menunjukkan tumor di bagian paru dan trakea sudah tidak aktif, gejala batuk menghilang sepenuhnya.

Dokter penanggung jawab Chen Ming, Huang Deliang menjelaskan prinsip Microwave Ablation dengan bronkoskopi yaitu, di bawah panduan alat pencitraan seperti USG, CT atau MRI, dilakukan penusukan jarum pada bagian tumor di saluran pernapasan, dari jarum akan dialirkan gelombang mikro sehingga molekul di dalam jaringan tumor bergerak dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan panas, saat suhu meningkat di atas 60⁰C, protein sel tumor akan mengalami denaturasi dan koagulasi, menyebabkan nekrosis, membersihkan saluran pernapasan.

Pada saat yang sama, Microwave Ablation juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan berperan dalam menghambat penyebaran sel tumor.

Bersyukur Ada Kamu di Sepanjang Perjalanan

Chen Ming mengenang, “Saat baru tiba di rumah sakit, siksaan fisik dan psikologis membuat saya sangat tertekan, saya sama sekali tidak menyangka bisa mendapatkan efek pengobatan yang begitu baik. Sangat berterima kasih kepada dokter, perawat dan staf penerjemah di sini, layanan medis yang disediakan di sini membuat pasien merasa nyaman dan tenang.”

Kanker Paru, Pengobatan Kanker Paru, Minimal Invasif, Intervensi, Brachytherapy, Microwave Ablation dengan Panduan Bronkoskopi, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

jalan napas kembali lancar pasca operasi

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Chen Ming berbagi pengalaman suksesnya dalam melawan kanker kepada pasien kanker lainnya di RS, “Jika menderita kanker, jangan pernah menyerah, bahkan jika harus mencari ke seluruh dunia sekalipun, Anda harus menemukan rumah sakit yang tepat dan memilih metode pengobatan yang sesuai seperti saya.”

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59