Gejala Kanker Tulang

Tumor ganas pada tulang disebut juga kanker tulang, kanker tulang merupakan tumor yang terletak di kerangka tulang atau sekitar jaringan, ada yang bersifat jinak, ada pula yang bersifat ganas. Perkembangannya sangat cepat, memiliki prognosis yang buruk, serta angka kematian yang tinggi. Tumor tulang ganas dibagi menjadi tumor primer dan tumor sekunder. Dari dalam tubuh, tumor ganas pada jaringan atau organ lainnya akan menyebar ke sistem limfatik hingga tulang melalui darah, ini disebut dengan tumor tulang ganas sekunder.

Ada juga kerusakan yang disebut dengan neoplasia, dimana sel-sel nya tidak memiliki cirri-ciri seperti sel tumor, tetapi memiliki sifat dan perilaku merusak seperti tumor, biasanya bersifat lebih terbatas dan mudah diobati.

 Kanker tulang, tumor tulang, gejala kanker tulang, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Patogenesis kanker tulang?

Sekarang ini penyebab timbulnya kanker tulang belum dapat dipastikan, para ahli berpendapat mungkin dikarenakan adanya luka ringan yang lama lama didiamkan sehingga menjadi infeksi kronis lalu timbullah kanker tulang. Pada saat yang sama pertumbuhan lebih pada tulang, peradangan kronis, factor genetik dan infeksi virus tertentu, peredarahan darah pada tulang tidak lancar, pancaran radiasi dan factor lainnya yang saling berhubungan.

Gejala – gejala kanker tulang

1. Pasien kanker tulang pada tulangnya terdapat benjilan keras, pada umumnya benjolan tersebut terasa sakit terkadang tidak sakit.

2. Pasien kanker tulang biasanya muncul fraktur patologis atau perubahan bentuk pada tulang.

3. Pasien kanker tulang mengalami demam, berat badan menurun, mudah lelah dan penurunan aktivitas hidup.

4. Pasien akan merasa nyeri pada tulang yang sulit untuk dijelaskan.

5. Tanpa ada sebab yang jelas . tulang patah satu ataupun lebih.

6. Karena adanya gencetan dari tumor ke pembuluh darah menyebabkan anggota distal tubuh menjadi keram atau mati rasa.

7. Pasien merasakan nyeri pada tulang dan sendi bahkan sampai bengkak, pada malam hari rasa sakit akan semakin terasa, bahkan sakit terus menerus atau saat tergencet atau mendapat timpaan akan terasa sakit.

Di atas merupakan penjelasan dari ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhoutentang gejala kanker tulang, diharapkan dapat membantu anda, serta merekomendasikan metode pengobatan bagi pasien. Pemilihan metode pengobatan harus disesuaikan dengan kondisi pasien, sehingga dapat terus meningkatkan efektivitas pengobatan dan memperpanjang harapan hidup pasien. Jika ada yang masih belum anda pahami, silahkan menghubungi kami melalui konsultasi online atau hotline kami. Ahli kami akan memberi penjelasan kepada anda. Semoga anda sehat selalu!


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59