Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker payudara merupakan salah satu tumor ganas yang umum pada kaum wanita, dengan tingkat mordibitas 7% - 10% di antara jenis tumor ganas lainnya. Di negara-negara maju, angka mordibitas kanker payudara menurun drastic. Hal ini disebabkan karena sebagian dari mereka melakukan pendiagnosaan dan pengobatan sejak dini. Tetapi di negara-negara berkembang, dikarenakan banyaknya orang yang mengabaikan gejala-gejala awal yang muncul, maka ketika terdiagnosa, penyakitnya sudah memasuki stadium lanjut. Dan persentase kesembuhan pada pasien stadium lanjut jauh lebih rendah dibandingkan dengan pasien stadium awal. Apa saja gejala awal kanker payudara? Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou akan menjelaskannya kepada kita semua.

Gejala awal kanker payudara :

1. Payudara nyeri : Pada sebagian penderita gejala awal, walaupun tidak ditemukan benjolan yang jelas, tetapi sering merasakan nyeri pada payudara, sakit yang menusuk, bengkak, dan gejala lainnya. Jika anda menemukan gejala sakit di atas, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke bagian ginekologi, dan harus segera melakukan pemeriksaan pencitraan.

2. Kedua sisi payudara asimetris : Karena keberadaan tumor atau pelekatan tumor dan dinding dada, payudara bisa mengalami perubahan volume atau bentuk, ini harus diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan terkait.

3. Galaktorea : Penampakan utamanya putting susu mengeluarkan cairan berwarna putih, kuning pucat, warna darah, berair dan keluar nanah.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening : Pada gejala awalnya bisa ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak.

5. Perubahan pada puting : Saat tumor invasi ke daerah bawah puting atau areola, bisa menyebabkan putting mengalami deviasi ke satu sisi, retraksi atau depresi.

6. Benjolan payudara : Saat menekan payudara dan menemukan benjolan, seringkali tunggal, tidak teratur benjolan keras yang dapat bergerak biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit yang nyata. Kami sarankan anda melakukan pemeriksaan USG, untuk mengetahui lebih jelas mengenai ukuran, bentuk, sifat, dan lainnya.

7. Perubahan pada bagian kulit : Kulit payudara bisa berubah seperti kulit jeruk, pada edema terdapat pori-pori yang memiliki depresi yang jelas, menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata, seperti kulit jeruk.

Ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou memperingatkan teman-teman wanita : jika ditemukan gejala-gejala seperti di atas, waspadalah, dan lakukanlah pemeriksaan ke rumah sakit yang khusus. Selain itu, dalam hidup sehari-hari, bagi anda kaum wanita dapat melakukan pemeriksaan sendiri terkait dengan perubahan pada payudara.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59