Gejala Kanker Hati

Kanker hati, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker hati merupakan tumor ganas yang terletak di organ hati, tingkat mortalitasnya di antara tumor ganas pada sistem pencernaan menempati urutan ke-3, setelah kanker lambung dan kanker esofagus. Sekitar 250.000 orang di dunia meninggal akibat kanker hati setiap tahunnya. Alasan utamanya adalah karena kemunculan penyakit ini yang tersembunyi, walaupun rutin melakukan pemeriksaan. Jadi, memahami gejala awal kanker hati sangatlah penting untuk pencegahannya. Apa saja gejala kanker hati stadium awal? Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou akan menjelaskannya untuk kita semua.

1. Nyeri pada ulu hati

Nyeri pada perut bagian atas, terlebih rasa nyeri, rasa menusuk dan kesemutan yang berselang atau berkelanjutan. Biasanya, rasa nyeri pada ulu hati merupakan pertanda semakin parahnya penyakit.

2. Nafsu makan berkurang, kembung, diare, mual dan muntah

Hipertensi portal atau gangguan fungsi usus yang disebabkan oleh vena portal atau vena hepatik dapat menimbulkan kembung, peningkatan frekuensi BAB, gangguan fungsi pencernaan, serta dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sendawa, mual dan gejala lainnya.

3. Benjolan pada perut bagian atas

Pada perut bagian atas pasien kanker hati biasanya terdapat benjolan cukup besar yang dapat teraba. Benjolan ini dapat terus bertambah besar, tanpa rasa sakit. Jika sudah sampai tahap ini, berarti kanker sudah memasuki stadium lanjut.

4. Tidak bertenaga, kurus, kegagalan sistemik, beberapa di antaranya mengalami kaceksia

Pada pasien kanker hati biasa ditemukan gejala lemas dan kurus. Ini disebabkan karena rusaknya fungsi hati, menurunnya fungsi pencernaan dan pernafasan, serta deplesi sel tumor, yang pada saat parah dapat menimbulkan kaceksia.

5. Demam

Biasanya akan timbul demam berkelanjutan atau demam tinggi yang berselang, 37.5-38℃, terkadang bisa mencapai lebih dari 39℃. Demam berhubungan dengan penyerapan jaringan buruk pada kanker. Tekanan atau serangan kanker pada saluran empedu dapat menyebabkan infeksi yang kemudian menimbulkan demam tinggi.

6. Mimisan, pendarahan pada gusi, memar seluruh tubuh dan gejala pendarahan lainnya

Ini disebabkan karena rusaknya fungsi hati dan kelainan pada fungsi koagulasi darah. Gejala ini sering ditemukan pada pasien kanker hati yang disertai dengan sirosis.

7. Gejala penyebaran lesi

Penyebaran sering ditemukan pada bagian paru-paru, tulang, kelenjar adrenal, lambung, peritoneum, otak dan berbagai kelenjar limfa. Dapat timbul gejala secara klinis pada bagian-bagiannya.

Ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, walaupun dengan munculnya gejala-gejala di atas bukan berarti anda mengidap kanker hati, tetapi jika anda mengalami gejala yang serupa, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit setempat. Karena jika kanker hati dapat ditangani sejak dini, pasien masih dapat memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kualitas hidup.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59