Pemuda 22 Tahun Menyatakan Perang terhadap Sarkoma Ewing: Bertahan dan Pantang Menyerah!
+  -

Harun (nama samaran), 22 tahun, adalah seorang remaja energik yang menyukai olahraga dan bermain bola basket. Ia baru saja memasuki dunia kerja dan memiliki pekerjaan yang memuaskan, babak baru dalam kehidupannya baru akan dimulai. Namun, pada Juni 2023, Harun ditimpa kemalangan, ia didiagnosis mengidap sarkoma Ewing, tumor tulang ganas.

Merasa takut, nyeri bahu ternyata tumor ganas

Pada Juli 2022, Harun merasakan nyeri tanpa sebab di tulang belikat kirinya. Karena ia tidak pernah menyangka akan mengidap tumor, ia pun tidak memerhatikannya. Yang sungguh tidak terduga adalah segalanya baru saja dimulai. Setelah itu, ia menjadi mudah sakit, demam terus-menerus, dan tulang belikatnya terasa sakit setelah digerakkan. Yang lebih membingungkan lagi, ada benjolan yang tumbuh di tulang belikat kirinya. Ditemani keluarganya, Harun menjalani CT scan dan biopsi di rumah sakit setempat pada bulan Juni. Hasil pemeriksaan dipastikan sarkoma Ewing, dengan tumor di tulang belikat kiri berukuran 3cm. Seluruh keluarga sangat terkejut mengetahui hasil ini, dan Harun tidak berani memercayainya, bagaimana dia bisa mengidap tumor di usia yang begitu muda?

Harun

Setelah terkejut, Harun dan orang tuanya segera tenang kembali.

"Harun masih sangat muda. Kita harus menemukan rancangan pengobatan terbaik untuknya dan menyembuhkannya.” Ini adalah pemikiran pertama orang tuanya. Mereka pun bertindak cepat dan mengirimkan hasil pemeriksaan patologi Harun melalui berbagai cara. Mereka sempat berkonsultasi dengan ahli dari Turki dan Korea Selatan, dan akhirnya memilih St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou di Tiongkok.

Harun berkata: "Ketika kami pertama kali mengontak Modern Cancer Hospital Guangzhou, pelayanan staf mereka sangat baik. Mereka menjawab setiap pertanyaan kami dengan serius dan sangat profesional. Kami merasa ini adalah rumah sakit yang dapat dipercaya."

Hati merasa tenang, pengobatan di luar negeri terlihat efektivitasnya

Pada Juli 2023, Harun datang ke St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou.

Harun berkata: "Ini adalah pertama kalinya kami datang ke Tiongkok, jadi kami cukup khawatir. Iklim, makanan, dan bahasa di sini agak tidak biasa bagi kami. Namun, staf medis di sini sangat penuh perhatian, ada penerjemah dan pelayan rumah tangga juga. Saat menemui kendala apa pun, dapat segera mendapatkan penyelesaiannya. Yang membuat saya dan keluarga merasa tenang adalah dokter dengan cepat memberi kami rancangan pengobatan setelah tiba di sini."

Saat Harun datang ke rumah sakit, tim medis segera melakukan konsultasi dan membentuk tim ahli MDT untuk menentukan rancangan pengobatan yang cocok untuk Harun.

Harun berfoto dengan dokter penanggung jawab dan kepala perawat

Dr. Huselaku dokter yang menangani Harun mengatakan: Sarkoma Ewing adalah tumor tulang yang umum terjadi pada anak-anak dan remaja, terutama terjadi di panggul, tulang paha, tibia, humerus dan tulang rusuk. Juga sering muncul di jaringan lunak yang berdekatan dengan tulang, merupakan tumor yanglebih ganas dan berkembang dengan cepat. Hasil pemeriksaan Harun juga membuktikan hal ini: Tumor Harun berkembang pesat, dari semula 3cm menjadi 5cm, untungnya tidak ada metastasis jauh. Berdasarkan kondisi dan kesediaan Harun, rumah sakit merumuskan rancangan pengobatan “Intervensi Minimal Invasif + operasi radikal”.

Intervensi Minimal Invasif adalah, dengan panduan alat pencitraan medis, instrumen presisi seperti kawat khusus dimasukkan ke dalam saluran pembuluh darah lesi melalui arteri, zat khusus digunakan untuk melakukan embolisasi dan penyumbatan pembuluh darah, obat anti-kanker dan agen emboli digabungkan dan kemudian disuntikkan ke target arteri yang tidak hanya menghalangi suplai darah, tetapi obat juga tetap berada di area tumor, membuat tumor “mati kelaparan dan keracunan”. Dibandingkan dengan kemoterapi konvensional, Intervensi memiliki efek samping yang lebih rendah dan bahaya yang lebih kecil bagi tubuh.

Harun berkata: "Tidak ada ketidaknyamanan selama tindakan Intervensi karena dokter sudah menjelaskan proses tindakan secara rinci sebelum pengobatan. Saya juga tidak merasa tegang, tidak ada efek samping yang besar setelah pengobatan. Saya terkadang merasakan sakit saat Intervensi pertama, tapi terasa jauh membaik setelah beberapa kali tindakan berikutnya. Saya dapat dengan jelas merasakan bahwa tumornya telah mengecil, saya sangat bahagia.”

Setelah 4 kali Intervensi, hasil pemeriksaan ulang menunjukkan tumor telah mengecil hingga 2cm, yang berarti mengecil lebih dari setengah ukuran sebelum pengobatan.

Pada tanggal 28 Oktober, Harun menjalani operasi radikal untuk mengangkat sarkoma Ewing di tulang belikat kiri dan kelenjar getah bening servikal kiri. Hasil patologi pasca operasi menunjukkan: Tidak ditemukan sisa tumor pada kelenjar getah bening servikal, Penilaian Respon Tumor: Respon Lengkap.

[Gambar kiri adalah CT scan tulang belikat pada bulan Juli: ukuran tumor kira-kira 46mm×79mm dan telah menyerang tulang belikat]

[Gambar kanan adalah CT scan tulang belikat pada bulan Oktober: tumor menghilang]

 

[Gambar kiri adalah CT scan kelenjar getah bening servikal pada bulan Juli: ukuran tumor berdiameter sekitar 50mm]

[Gambar kanan adalah CT kelenjar getah bening servikal pada bulan Oktober: tumor menghilang]

 Jangan menyerah, harapan masih ada

Dr. Hu, dokter yang menangani Harun mengatakan: "Harun adalah anak pemberani. Selama pengobatan, suasana hatinya stabil. Kami semua senang dia mencapai kemenangan awal. Kami akan menemaninya menaklukkan kanker bersama-sama. Masa depannya masih panjang, kami mendoakan yang terbaik untuknya."

Pesan yang ingin disampaikan Harun kepada pasien yang mengalami kondisi yang sama dengannya: "Percayakan pada dokter mengenai cara penanganan dan pengobatan penyakit. Yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan mentalitas kita, jangan frustrasi atau menyerah, percayalah bahwa penyakit bisa disembuhkan, dan pertahankan sikap yang baik. Katakan tidak pada tumor maka keberuntungan pada akhirnya akan datang."

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Pre:
NULL
Next:
NULL
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA