Cryosurgery Cryosurgery + Intervensi untuk Mengatasi Tumor Sebesar "Kelapa" ——Laporan Rangkaian Acara Reuni Penyintas Kanker
+  -


Perbandingan sebelum dan sesudah pengobatan Prasit Sumonta

Kembali ke Modern Cancer Hospital yang memberikan kesempatan hidup kedua

“Sudah tepat sembilan bulan sejak pertama kali saya dirawat di rumah sakit hingga akhirnya saya keluar dari rumah sakit setelah berhasil melawan kanker. Sekarang adalah tahun kesembilan dari keberhasilan saya melawan kanker. Angka 9 memiliki makna khusus bagi saya. Saya begitu terharu dapat kembali ke tempat yang telah memberiku kesempatan hidup yang kedua ini.” Inilah ungkapan perasaan Prasit Sumonta ketika ia kembali ke rumah sakit kami pada November 2023 untuk berpartisipasi dalam acara reuni penyintas kanker bertemakan “In Long Years of Fighting Cancer, Feeling Warm in Modern Cancer Hospital”. Dalam budaya Tiongkok, angka 9 juga memiliki arti umur panjang dan keabadian, yang melambangkan kesehatan dan kebahagiaan abadi.

Prasit Sumonta mengikuti acara pejuang kanker pada tahun 2023

Mengenang kondisi saat ia baru didiagnosis kanker pada tahun 2011, Prasit bagaimanapun tidak akan percaya ia dapat bertahan hidup hingga sekarang. “Setelah saya didiagnosis, dokter setempat memberikan vonis kanker laring stadium akhir dan saya hanya punya waktu dua bulan lagi untuk hidup. Saat itu langit serasa runtuh, 60 hari akan berlalu dalam sekejap mata, ada rasa takut seperti ajal sudah dekat”.

“Namun kini di tahun kesembilan, saya tetap sehat seperti biasanya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou telah memberi saya kesempatan hidup yang kedua”. Prasit menceritakan pengalaman pahitnya dalam melawan penyakit dengan sikap yang rileks dan tegas, inilah sikap seorang pemenang yang berhasil menaklukkan penyakitnya.

He Langbing (Director of International Affairs Department) menyerahkan sertifikat kepada Prasit Sumonta

Untuk menyebarkan semangatnya dalam melawan kanker, Prasit juga mengunjungi pasien kanker payudara dan pasien kanker usus asal Thailand. Kedua pasien tersebut sangat bersemangat bertemu dengan penyintas kanker dari negaranya, terutama Anucha, seorang pasien kanker usus. Dia memutuskan untuk datang berobat ke rumah sakit kami setelah mendengarkan kisah Prasit di acara yang diadakan di Thailand. Dia berkata akan menjadikan Prasit sebagai teladan, mengikuti instruksi dokter dengan ketat, dan berusaha menjadi penyintas kanker berikutnya.

Mimpi buruk di tengah genangan darah, berat badan menurun drastis

Sekitar tahun 2010, Prasit menderita tumor di sisi kanan lehernya. Tumornya semakin membesar hingga seukuran kelapa, menembus kulit, membusuk dan mengeluarkan darah, juga mengeluarkan cairan berwarna putih. Prasit seringkali tidak bisa tidur karena kesakitan, berat badan berkurang 20kg. Suatu ketika dia bermimpi tenggelam dalam air. Ketika dia terbangun dari mimpinya, dia menemukan tumor yang membusuk telah mengeluarkan banyak darah, pakaiannya basah kuyup dan dia terbaring di tengah genangan darah. Selama bertahun-tahun, jeratan kanker hampir menyebabkan Prasit frustrasi. Aktivitasnya sehari-hari adalah bercermin dan mengukur tumor dengan kedua tangannya. Ia berpikir alangkah baiknya jika tumor itu tiba-tiba menghilang suatu hari nanti.

Kemoterapi konvensional membuat semua gigi tanggal

Pada tahun 2011, Prasit didiagnosis kanker laring dan menjalani kemoterapi sistemik atas saran dokter setempat. Namun, efek samping kemoterapi membuat ia sangat menentang pengobatan tersebut. “Saya muntah-muntah begitu menjalani kemoterapi, dan sekarang saya takut ketika pergi ke rumah sakit,” ujarnya. Kemudian dokter menyarankan radioterapi dan mengatakan kepada Prasit bahwa radioterapi akan menyebabkan semua gigi di sisi kanan tanggal. Disarankan agar gigi tersebut dicabut sebelum radioterapi untuk menghindari efek samping yang lebih serius, jadi saya mencabut gigi tersebut, tetapi kemudian tidak jadi dilakukan radioterapi. Karena untuk berobat di RS Thailand harus mengantre panjang, Prasit akhirnya menyerah untuk berobat di RS Thailand setelah menunggu lama. Selain itu, karena takut dengan efek samping kemoradioterapi,Prasit tidak menjalani pengobatan apa pun dan hanya melakukan perawatan sehari-hari di rumah. Namun, kondisinya semakin memburuk dari hari ke hari. Di tengah situasi yang kritis, Prasit dan keluarganya mengetahui tentang rumah sakit kami secara tidak langsung. Ide untuk mencari perawatan medis di luar negeri ibarat benih yang bertunas dan perlahan tumbuh di hati Prasit dan keluarganya.

Foto Prasit Sumonta setelah pengobatan pertama

Berbagi suka dan duka dengan sang istri

“Setelah melihat informasi tentang St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou di surat kabar, saya pun mencari rumah sakit ini di internet, namun kami tidak tahu kebenarannya, dan kami juga khawatir biaya pengobatannya mahal,” kata Prasit. Setelah melalui pertimbangan yang matang, akhirnya ia mengikuti saran istrinya dan datang ke St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou pada tanggal 12 Maret 2015, namun di saat yang sama ia juga telah mempersiapkan mental jika tidak dapat pulang ke negaranya lagi.

"Saya dapat bertahan hidup hingga hari ini berkat istri saya," kata Prasit. "Dia telah berada di sisi saya selama empat tahun terakhir, mengganti obat saya dua atau tiga kali sehari, dan menderita bersama saya." Karena tumor tersebut menekan saluran napas, esofagus, dan trakea laring, ia hanya bisa makan makanan cair, napasnya berangsur-angsur menjadi sulit dan suaranya menjadi serak. Istrinya menghaluskan makanan Prasit menjadi jus dan memberikannya melalui selang. Prasit dan istrinya memenangkan perlombaan melawan waktu. Mereka menemukan St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou dan mendapat kesempatan untuk berhasil melawan kanker.

Tim medis MDT berkolaborasi dalam diagnosis dan pengobatan, tumor sebesar kelapa menjadi seukuran telur

Perjalanan mencari pengobatan kali ini menjadi titik balik bagi Prasit!

"Sungguh suatu keajaiban, hanya dalam waktu 20 hari pengobatan, tumor saya telah berubah dari sebesar kelapa menjadi seukuran telur, dan indera perasa saya juga pulih dua hari sebelum saya keluar dari rumah sakit," kata Prasit dengan terkejut.

Setelah masukRS dan melakukan pemeriksaan, diagnosisnya adalah tumor di leher kanan berukuran 20x18x10cm, dan di leher kiri juga terdapat pembengkakan kelenjar getah bening sekitar 5x4x3cm, Prasit didiagnosis menderita karsinoma sel skuamosa laring dan metastasis kelenjar getah bening bilateral di leher (stadium IVb).

Mempertimbangkan kondisi serius tumor yang menekan trakea laring dan menyebabkan ketidakmampuan bernapas, tim medis MDT dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memutuskan untuk melakukan trakeotomi terlebih dahulu pada Prasit untuk mengatasi gejala dispnea dan memastikan keamanan pengobatan minimal invasif berikutnya. Pada tanggal 14 Maret, ahli bedah rumah sakit berhasil melakukan trakeotomi, kemudian pada tanggal 23 dan 30 Maret melakukan satu kali intervensi dan cryosurgery pada tumor leher kanan. Dokter yang menangani Prasit membandingkan foto tumor yang diambil ketika dia dirawat di rumah sakit pada tanggal 12 Maret dan ketika dia keluar dari rumah sakit pada tanggal 5 April, dan berkata, "Tumornya telah menyusut empat perlima."

“Setelah intervensi, saya bisa melihat tumornya mengecil setiap hari,” ujar Prasit, “Khususnya pada hari keempat setelah intervensi, tumornya mengecil 40%. Sejak hari itu, saya benar-benar mendapatkan kepercayaan diri. Pada hari itu jugalah, saya pertama kalinya dapat tertawa bahagia sejak empat tahun terakhir!”

Masih energik di usia 70 tahun

Proses pengobatan selanjutnya berjalan sangat lancar. Sekarang, hampir 9 tahun telah berlalu. Kini menginjak usia 70 tahun, Prasit masih tampak muda dan energik. Wajahnya selalu dipenuhi senyum ceria dan hangat, penyakitnya seperti hanya sekadar lelucon baginya. Kanker yang pernah hampir merenggut nyawanya kemudian menghilang begitu saja berkat teknologi medis canggih.

Kisah Prasit dalam melawan kanker telah memengaruhi banyak pasien, dan kisah suksesnya akan terus menginspirasi lebih banyak pasien kanker.

“Tetap optimis dan pantang menyerah,” demikian pesan Prasit kepada seluruh pasien yang menderita penyakit. “Pilihlah metode pengobatan yang tepat, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou akan menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda,” inilah saran Prasit yang paling jujur, ia berharap banyak pasien kanker berhasil melawan kanker secepatnya.

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA