Menolak Elektroterapi, Brachytherapy Menerangi Perjalanan Pengobatan Kanker Saya
+  -

"Beberapa hari setelah Brachytherapy, tumor di pipi kanan saya mengecil secara signifikan. Saya sangat terkejut dengan efeknya dan sangat puas dengan pengobatan ini!" Begitu memasuki kamar Bibi Liu, dia tidak sabar untuk berbagi kisah pengobatannya.

Setelah lama diobati dan tidak kunjung sembuh, ternyata tumor ganas

Bibi Liu berasal dari Malaysia dan merupakan pasien kanker parotis. Ia orang yang optimis dan tidak pernah menyangka kemalangan akan menimpa dirinya.

Suatu hari di tahun 2017, Bibi Liu menemukan benjolan di bagian atas pipi kanannya untuk pertama kalinya, namun dia tidak terlalu memperhatikannya. Tanpa diduga, benjolan itu semakin membesar, dan dia merasa ada yang tidak beres, sehingga dia pergi ke rumah sakit setempat untuk pemeriksaan. Dokter mengatakan kepadanya bahwa itu adalah tumor jinak dan memberinya obat. Tumor jinak bisa disembuhkan dengan minum obat, pihak keluarga sangat bersyukur atas hasilnya. Namun, keadaan tidak menjadi lebih baik, konsumsi obat-obatan tidak memberikan efek yang signifikan.

Pada Oktober 2019, Bibi Liu pergi ke Taiwan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menjalani parotidektomi total. Hasil pemeriksaan patologi menyatakan karsinoma kistik adenoid, yang jelas merupakan tumor ganas. Setelah sakit selama lebih dari setahun, Bibi Liu telah bersiap menghadapi kemungkinan terburuk dan menerima pengobatan selanjutnya tanpa banyak mengeluh.

Bibi Liu

Dia menahan rasa sakit yang disebabkan oleh radioterapi dan kemoterapi, berharap dia bisa melewatinya dan menjadi orang yang beruntung. Namun kenyataannya sangat kejam, pada September 2020, kankernya kambuh. Dia jelas merasakan pembengkakan di wajah sebelah kanan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ada massa di telinga kanannya berukuran sekitar 2,3x2,2cm dan kelenjar getah bening leher kanan berukuran sekitar 0,8x0,4cm. Dokter memberitahunya bahwa dia hanya bisa menjalani elektroterapi sekarang. Elektroterapi adalah metode pengobatan kanker yang relatif konvensional, prosesnya sangat menyakitkan, sakit kepala, mual, dan muntah adalah komplikasi yang umum, bahkan penurunan daya ingat dapat terjadi. Dia menolak metode pengobatan ini dan secara aktif mencari metode pengobatan lain. Dia sangat yakin dapat menemukan metode pengobatan yang cocok untuknya.

Mencari pengobatan medis lintas negara, memperoleh kehidupan baru

“Saya berharap mendapatkan metode pengobatan baru untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini.” Bibi Liu berkata: “Sebenarnya, pada tahun 2019, saya mengetahui tentang St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, adik ipar saya (kanker payudara) berobat di sini, dan sudah hidup sehat selama enam tahun. Saya ingin datang saat itu, tetapi hasil yang diberikan oleh dokter setempat adalah jinak, jadi kami berobat saja di RS setempat. Ketika kami mengetahui bahwa itu ganas, pandemi Covid-19 merebak, sehingga kami tidak dapat lagi keluar negeri." Rencana perjalanan untuk berobat ke luar negeri dibatalkan. Perjalanan mencari pengobatan penuh lika-liku. Untungnya, Bibi Liu tidak pernah menyerah.

Pada tahun 2023, ketika pandemi mereda dan Tiongkok membuka perbatasan internasional, Bibi Liu dengan tegas memilih pergi ke luar negeri untuk berobat. Pada April 2023, Bibi Liu datang ke St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou. Rumah sakit melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadapnya dan menemukan kanker parotis metastasis paru-paru. Saat ini, Bibi Liu telah menjalani Intervensi dan Brachytherapy minimal invasif di rumah sakit.

Bibi Liu berkata: "Kanker telah bermetastasis berarti pengobatannya bertambah sulit, dan bahkan lebih sulit lagi berharap tumornya terkendali. Namun, saya sangat percaya diri sekarang. Lihatlah pipi kanan saya, seusai Brachytherapy, tumor mengecil dalam beberapa hari dan tidak lagi terlihat di permukaan. Ini sangat mengejutkan saya. Selama seluruh proses pengobatan, saya tidak merasakan ketidaknyamanan yang berarti, selera makan lebih buruk namun bisa diabaikan. Saya sangat yakin dengan pengobatan di sini."

Perbandingan hasil sebelum dan sesudah Brachytherapy

Bagi kebanyakan orang, Brachytherapy adalah istilah yang asing. Apa itu Brachytherapy? Brachytherapy saat ini merupakan cara yang lebih efektif untuk mengobati kanker, sebutan lengkapnya adalah penanaman biji radioaktif, yaitu menanamkan partikel radioterapi ke dalam tumor di bawah panduan CT atau USG untuk mencapai efek radioterapi simultan. Teknologi ini mudah dioperasikan, aman, minimal invasif, dan memiliki tingkat komplikasi yang rendah. Teknologi ini merupakan salah satu cara pengobatan terbaik untuk kanker stadium lanjut. Efek Brachytherapy secara signifikan dapat menyemangati pasien kanker dan berperan positif dalam menjaga sikap optimis.

Brachytherapy

Memiliki keteguhan hati, menghadapi kehidupan dengan positif

Saat ini, Bibi Liu akan keluar dari rumah sakit, dia berkata: "Sekarang saya tahu bahwa tumor parotis saya telah mengecil dan tumor paru tidak banyak berubah. Saya telah berdiskusi dengan dokter, diperkirakan saya perlu menjalani Brachytherapy untuk penanganan tumor paru saat datang ke sini lagi. Dokter memberi tahu saya bahwa pengobatan kanker adalah proses yang panjang, tetapi saya memiliki kepercayaan diri untuk bertahan. Saya sekarang "hidup berdampingan dengan kanker" dan hidup seperti orang normal tanpa ada masalah." Dia mengungkapkan: "Saya berterima kasih kepada Modern Cancer Hospital Guangzhou, khususnya dokter akan mendiskusikan rancangan pengobatan dengan saya setiap kali pengobatan, merumuskan rancangan pengobatan berdasarkan kondisi saya, dan mengkomunikasikan kepada saya secara detail, bukan mengikuti metode mereka secara membabi buta, jadi saya merasa dihormati. Dengan memahami kondisi diri sendiri dengan jelas, maka dapat menghadapinya dengan lebih tenang. Saya berterima kasih kepada Modern Cancer Hospital Guangzhou, di mana staf medis merawat saya dengan baik, menyemangati, menemani dan mendukung saya. Itu membuat saya merasa hangat dan lebih percaya diri terhadap pengobatan!"

Perjalanan melawan kanker tidak pernah mudah.Kami sangat berharap setiap pasien kanker bisa seperti Bibi Liu. Meski mengalami pasang surut, namun pada akhirnya bisa "hidup berdampingan dengan kanker" dan terus menjalani kehidupan yang berkualitas.

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA