Setelah Tindakan NanoKnife + Intervensi, Biksu Vietnam Mematahkan Vonis "Kanker Hati, Hanya dapat Bertahan 3 Bulan"——Laporan Rangkaian Acara Reuni Penyintas Kanker
+  -

Pada tanggal 15 November 2023, pada Acara Reuni Penyintas Kanker di Basis Pelatihan Pengobatan Onkologi Terintegrasi “Belt and Road” yang diadakan oleh rumah sakit kami, Biksu Vo Van Hoa, seorang penyintas kanker dari Vietnam yang menderita kanker hati, mengenakan jubah kuning dan dengan pembawaan yang tenang membuatnya cukup mencuri perhatian di antara orang banyak.

Vo Van Hoa adalah kepala biara di sebuah kuil di ProvinsiBình Thuận. Sejak menerima pengobatan minimal invasif di St. StamfordModern CancerHospital Guangzhou pada Juli 2019, hingga kini ia tetap dalam keadaan sehat dan telahbertahan lebih dari 5 tahun. Sekarang, melihat BiksuVo Van Hoa lagi, dia berjalan dengan ringan, pipi dan tubuhnya tampak lebih berisi dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Wajahnya berseri-seri ketika berbicara, membuat staf medis di rumah sakit kami merasakan kegembiraan dapat bertemu kembali.

Vo Van Hoa di acara reuni penyintas kanker

Tidak mau dioperasi, murid merekomendasikan RS yang bagus

Vo Van Hoa menjadi biksu pada usia 10 tahun. Ketika ia masih muda, ia pergi ke kuil-kuil besar untuk mendalami ajaran Buddha dan melakukan perjalanan, hingga pada tahun 1999, ia didiagnosis hepatitis C. Sejak itu, ia melakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan. Tak disangka memasuki tahun 2019, hepatitis C yang dideritanya memburuk menjadi kanker hati.

Pada Juni 2019, Vo Van Hoa mengalami demam ringan akibat kelelahan, disertai gejala seperti kembung dan nyeri pada perut kanan atas, sakit kepala, dan saraf wajah terpengaruh, terutama mandibula dan bibir mati rasa serta nyeri. Selanjutnya, ia pergi ke rumah sakit setempat untuk pemeriksaan CT bagian perut, dan diagnosis awal adalah karsinoma hepatoseluler dan sirosis. Dokter setempat menyarankan operasi, namun Vo Van Hoa tidak bersedia dan khawatir dengan risiko operasi dan infeksi pascaoperasi, jadi dia menolak rancangan pengobatan dokter Vietnam tersebut.

Secara kebetulan, murid Vo Van Hoa mengetahui bahwa salah satu temannya telah menerima perawatan yang baik di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, sebuah rumah sakit spesialis kanker dengan reputasi baik, dan kini tumornya telah hilang sama sekali. Murid tersebut merekomendasikan rumah sakit ini kepada Vo Van Hoa, memberitahunya bahwa kanker dapat diobati dengan baik tanpa operasi, dan memperkenalkannya pada teknologi minimal invasif terkini. Keunggulan teknologi yang “tidak perlu operasi” ini sangat menarik perhatian Vo Van Hoa. Dia segera menemukan kantor perwakilan Ho Chi Minh untuk berkonsultasi dan datang ke Guangzhou dengan bantuan staf.

Pengobatan Minimal Invasif komprehensif memberinya kehidupan baru

Pada Juli 2019, Vo Van Hoa datang ke St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou. Berdasarkan kondisinya, tim medis MDT rumah sakit berdiskusi dan memutuskan untuk memberinya rancangan pengobatan minimal invasif yang komprehensif.

Selama rawat inap pertamanya, Vo Van Hoa menerima pengobatan Minimal Invasif seperti Intervensi, NanoKnife, dll. Terapi intervensi dapat memutus pasokan nutrisi sel kanker, menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi metastasis kanker, dan membunuh kanker secara tuntas. NanoKnife adalah teknologi ablasi tumor mutakhir yang melepaskan tegangan tinggi melalui jarum elektroda untuk menembus membran sel tumor. Membentuk beberapa elektroporasi permanen (IRE), menghancurkan membran sel dengan demikian menghancurkan jaringan sel kanker dan menyebabkan sel mati dalam waktu singkat. Dr. Ma yang dulu menangani dia, mengatakan bahwa rancangan pengobatan ini sangat cocok untuk pasien kanker seperti Vo Van Hoa yang tidak mau menerima pengobatan konvensional, bahkan telah resisten terhadap kemoradioterapi.

Seperti yang diketahui bahwa sebelum masuk rumah sakit, ukuran tumor di tubuh Vo Van Hoa adalah 70x60mm. Setelah tindakan embolisasi intervensi dan NanoKnife, tumor mengecil menjadi 22x16mm. Mengingat proses pengobatan, Vo Van Hoa berkata: "Karena tidak diperlukan operasi, setiap pengobatan minimal invasif selesai dalam waktu setengah jam. Selama pengobatan intervensi, tidak ada rasa sakit dan Anda dapat bangun dari tempat tidur keesokan harinya. NanoKnife dilakukan pada kondisi anestesi umum, tidak terasa apa-apa.”

Setelah 5 bulan pengobatan, hasil CT menunjukkan tumor telah hilang sepenuhnya

Selama acara tersebut, dr. Ma mengenang: "Dia total menerima 5 kali Intervensi dan NanoKnife. Setelah pengobatan komprehensif selesai, tumor hati menghilang, sakit kepala, demam, saraf wajah yang terpengaruh, dan masalah lainnya juga teratasi. "Setelah tumornya hilang, untuk mengukuhkan efek pengobatan, ia dirawat kembali di rumah sakit dan mendapat imunoterapi sesuai petunjuk dokter.

Sejak Juli 2019 hingga sekarang, Vo Van Hoa telah berhasil melawan kanker selama 5 tahun, ini merupakan kebahagiaan besar bagi keluarganya. Adik perempuannya berkata dengan gembira: "Di rumah sakit di Vietnam, dokter menyimpulkan bahwa dia hanya bisa hidup selama 3 bulan tanpa operasi, dan tingkat keberhasilan operasi hanya 30%. Waktu telah membuktikan bahwa pilihan kami untuk datang ke Guangzhou untuk berobat adalah tepat. Sekarang dia tetap melakukan pemeriksaan rutin di Vietnam setiap tahun. Hasilnya benar-benar stabil, dan ia dalam kondisi sehat selama 5 tahun ini, ini merupakan suatu keajaiban!”

Hubungan dokter & pasien menghangatkan hati, membuat janji sepuluh tahun

Ini adalah ketiga kalinya Vo Van Hoa kembali ke rumah sakit. Dalam wawancara, dia mengungkapkan: "Setelah saya menyelesaikan pengobatan dan kembali ke Vietnam, pandemi Covid-19 merebak. Saya mengelola kuil sehari-hari seperti biasa dan secara aktif berpartisipasi dalam melawan pandemi. Saya beruntungdapat pulih dengan cepat. Semua ini berkat pengobatan dan perawatan yang sangat baik oleh pihak rumah sakit.”

Selama di rumah sakit, Vo Van Hoa dirawat dengan penuh perhatian oleh staf medis rumah sakit kami karena ketidaknyamanan saraf wajah dan gejala lainnya. Dia tersentuh dan menulis puisi untuk mereka. Berbicara tentang niat awal menulis puisi, dia berkata: "Saya pernah dirawat di rumah sakit lain, tapi saya tetap memilih di sini karena dokter dan perawat di sini sangat profesional, memperlakukan pasien dengan hangat dan penuh perhatian.”

Ketika keluar dari rumah sakit, Vo Van Hoa berfoto dengan staf medis dan mempersembahkan sebuah puisi

Berdasarkan pengalaman pribadinya, ia menegaskan kepada pasien lain bahwa kanker bukanlah penyakit yang sepenuhnya menyebabkan kematian, melainkan penyakit kronis. “Sekarang saya bisa makan dengan normal, bekerja, dan berolahraga. Jika Anda didiagnosis mengidap kanker, mohon jangan berkecil hati atau sedih. Anda harus mengikuti petunjuk dokter dan yakin bisa sembuh.”

Pada acara reuni penyintas kanker, dr. Ma mendengarkan sharing dengan cermat sambil tersenyum penuh haru bercampur kelegaan. Dia tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya dan bahkan membuat "janji sepuluh tahun": "Melihat Biksu Vo Van Hoa dalam kondisi sehat sekarang, saya merasa semua upaya dan kerja keras staf medis kami tidak sia-sia. Saya berharap dapat bertemu Anda lagi sepuluh tahun kemudian!”

Vo Van Hoa berfoto dengan dokter penanggung jawab, dr. Ma

Setelah acara tersebut, Vo Van Hoa juga merasakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan ke Guangzhou bersama dengan pejuang kanker lainnya.Mereka menikmati pelayaran malam diPearl River untuk merasakan kemajuan kota modern; bertamasya bersama ke Baomo Garden untuk menyaksikan keluasan dan kedalaman budaya Tiongkok. Sisa hidup merekabagaikan jalan di bawah kaki mereka, perlahan terbentang ke depan dan disinari cahaya mentari!

Hasil pengobatan pada setiap pasien berbeda-beda tergantung oleh kondisi masing-masing, informasi ini digunakan sebagai referensi saja, bukan untuk patokan akhir pengobatan pasien lain. Jika Anda ingin mendapatkan informasi pengobatan secara langsung, Anda dapat melakukan konsultasi online atau menghubungi kami di 0812 9789 7859. Kami dengan senang hati membantu Anda. Terimakasih.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59 | 0878 556 556 99 | 0813 1888 5166
Konsultasi
WA