Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker prostat adalah tumor ganas yang paling umum ditemukan pada sistem reproduksi pria. Biasanya terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas. Karena penyakit ini tidak memiliki gejala awal yang khas, setengah dari penderitanya baru terdiagnosa menderita kanker setelah mengalami gejala yang nyata. Tetapi tumor pada tahap ini biasanya sudah menyebar, dan banyak orang yang telah kehilangan kesempatannya untuk berobat. Jadi, apa saja gejala awal kanker prostat?

1. Gangguan Buang Air Kecil

Pasien kanker prostat stadium awal biasanya mengalami kesulitan buang air kecil dengan tahapan yang berbeda. Hal ini dikarenakan kelenjar prostat yang ada dalam tubuh pasien membesar dan semakin menghimpit saluran kecing, menyebabkan pasien kesulitan buang air kecil. Ciri-cirinya antara lain aliran urin menjadi pendek, jangkauan semprotan urin lebih pendek, aliran urin lambat, aliran urin terputus, urin yang menetes, urin yang tidak bisa ditahan, selain itu ada juga gejala sering buang air kecil, urgensi, sering buang air kecil di malam hari dan inkontinensia. Banyak pasien yang ketika sudah memasuki stadium lanjut mengalami gejala urin yang menetes dan retensi urin. Namun, banyak pasien usia lanjut yang menganggap gejala ini adalah hal biasa dan menolak untuk melakukan pemeriksaan. Ahli onkologi Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, pemahaman ini sangat berisiko, karena hal ini pasien berarti menolah pendiagnosaan dini dan menunda waktu terbaik pengobatan.

2. Gejala Penyebaran

Bagi pasien kanker prostat, penyebaran merupakan fenomena yang sangat umum. Berdasarkan statistik, sekitar 1/3-2/3 pasien telah mengalami penyebaran pada saat pertama kali melakukan pemeriksaan. Umumnya, prostat mudah menyebar ke bagian sumsum tulang, pembuluh darah dan limfa, bagian paru, daerah hati, bagian otak dan lain-lain. Ketika kanker prostat mengalami penyebaran, akan muncul fenomena patah tulang, anemia, penurunan kekebalan tubuh, infeksi paru-paru, kepala pusing dan pembengkakan seluruh tubuh. Ini adlaah gejala-gejala yang mudah diabaikan pasien. Jadi, bila anda menemukan gejala di atas, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, jangan biarkan penyakit berkembang.

3. Disfungsi Seksual

Pasien kanker prostat stadium awal akan mengalami disfungsi seksual, ditandai dengan aliran putih pada saat buang air kecil atau di pagi hari. Saat terjadi peradangan vesikula seminalis bisa muncul gejala pendarahan, ejakulasi dini, lemah syahwat, hilangnya libido dan sebagainya. Ahli mengatakan, bagi kaum pria berusia lanjut, harus secara rutin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit setiap tahunnya. Kuncinya adalah melakukan pendeteksian kanker prostat sejak dini.

4. Gejala Infiltrasi Lokal

Kanker prostat juga sering menimbulkan gejala infiltrasi lokal, misalnya jika tumor sudah menyerang saluran kencing dapat menyebabkan retensi urin atau inkontinensia. Jika tumor menyerang dan menekan bagian vas deferens, dapat menyebabkan sakit pinggang dan nyeri pada sisi testis. Sebagian pasien juga mengalami sakit ejakulasi.

Ahli onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, gejala awal kanker prostat tidak nyata dan mudah dianggap sebagai gejala yang biasa. Banyak pasien stadium lanjut yang dikarenakan hal ini menjadi menunda penyakit. Jadi, jika anda mengalami gejala di atas, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami via online, email atau telepon. Untuk info-info terkini, anda dapat mengunjungi Facebook dan Youtube kami.
Konsultasi kanker via telp
Hubungi : 0812 978 978 59